ATS System Operational

Dengan adanya E-JAATS, JAATS, JASS, maka ATS menggunakan peralatan bantu pemanduan Lalu Lintas Penerbangan sebagai :
E-JAATS sebagai MAIN system operasional.
JAATS sebagai BACK-UP
JASS sebagai BACK-UP level II [ ? ].



Dengan demikian seorang controller disupport 5 [ lima ] system yang berbeda, sehingga bila terjadi failure pada system satu system akan digantikan system lainnya, dengan asumsi :
Jika Main E-JAATS failure maka Stand-by E-JAATS menggantikan operasionalnya.
Jika E-JAATS malfunction maka JAATS akan menggantikan operasionalnya, meski ada effort ATC harus berbalik tempat duduknya, karena posisi monitor E-JAAT dan JAATS saling berhadapan.
Jika Main JAATS in failure maka Stand-By JAATS akan menggantikan operasionalnya.
Jika E-JAATS dan JAATS mafunction, maka ATS masih mendapat support dari JASS meski dengan feature TERBATAS.
Terlalu mudah untuk dilakukan technology tetapi bisa jadi tidak menjadi sederhana penerapan operasional pemanduannya.


No comments:

Post a Comment